Selasa, 12 April 2016

Kuliah Tamu Perdana Bussiness Practice 4 (BP4) @STMIK ASIA Malang #1

Kamis, 7 April 2016, kami selaku mahasiswa mengikuti kembali kuliah tamu perdana yang di sebut Business Practice 4 yang di adakan oleh Tim Fasilitator Perguruan Tinggi Asia Malang di ruang Theater. Kuliah tamu tersebut mengundang Dr.David S.Kodrat.MM.CPM, beliau selaku sebagai pembicara. Setelah kuliah tamu di buka, beliau selaku pembicara memberikan sedikit games, yang gunanya supaya mahasiswa/i dapat bekerja dengan baik,cepat dan tanggap.

Source: Christian Synatra
Source: Christian Synatra
Setelah games usai, saat nya beliau memberikan beberapa pembahasan yang diantaranya apa itu perusahaan manufaktur, retail, jasa, dan fungsi-fungsinya. 

Source: Christian Synatra
Saya sebagai mahasiswa menyimpulkan pembahasan dalam acara itu sebagai berikut:

  • Perusahaan Manufaktur
Perusahaan yang mengubah barang mentah menjadi produk jadi melalui proses produksi kemudian dijual kepada pelanggan.Contoh perusahaan manufaktur yaitu :
  1. Holcim Indonesia TBK. (Semen)
  2. Twiji Kimia TBK. (Kertas)
  3. Charoen Pokphand Indonesia TBK. (Pakan Ternak)
  • Perusahaan Retail
Perusahaan yang aktivitasnya menambah nilai produk kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga maupun kebutuhan pribadi. Contoh perusahaan retail yaitu:
  1. Matahari Departemen Store
  2. Carrefour
  3. Guardian Drug Store (Obat-Obatan)
  4. 7Eleven
  • Perusahaan Jasa
Perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan, kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi. Jasa yang dihasilkan bersifat abstrak tapi bisa dirasakan manfaatnya oleh konsumen. Misalnya: Perusahaan jasa telekomunikasi, transportasi dan asuransi. Contoh perusahaan jasa yaitu:
  1. JNE (Pengiriman Paket)
  2. Agung Podomoro Land (Property)
  3. Garuda Indonesia (Transportasi Udara)
  4. Bank Central Asia (Keuangan)
Kemudian untuk pembahasan selanjutnya yaitu Model Manajemen Kuliatas, ada 3 model :

  • Quality Control
Kualitas yang di kendalikan oleh bagian Quality Control, dari model ini proses inpeksi harus dilakukan secara khusus oleh personil/fungsi yang independen. Kelemahan dari model ini banyak tenaga yang di gunakan, pihak operator kurang peduli terhadap hasil pekerjaannya, kualitas produk yang diterima konsumen sepenuhnya tergantung kemampuan inspektur untuk mendeteksi.
  • Quality by Inspection
Kualitas dipastikan melalui inpeksi. Dalam tahap ini pencegahan defect/cacat/produk out dilakukan di penerimaan dan di output produk oleh bagian diluar produksi,QA bertanggung jawab kepada pimpinan organisasi.
  • Build in Quality
Kualitas di jaga di masing-masing proses. Dalam tahap inip encegahan defect/cacat/produk out dilakukan di inpeksi, sedangkan didalam proses produksi di lakukan oleh operator sendiri.

Demikian saya menyimpulkannya.


Waktu cepat berlalu, jam menunjukkan pukul 12.45 Wib, kuliah tamu sesi ke 2 pun di akhiri dan di tutup oleh pembawa acara kuliah tamu mata kuliah Businnes Practice 4 di Kampus STMIK/STIE ASIA Malang.

Demikian lah serangkaian acara kuliah tamu yang bisa saya paparkan kepada teman-teman sekalian semoga informasi yang saya berikan dapat berguna untuk teman-teman. bila ada kata yang kurang berkenan saya selaku admin mohon maaf yang  sebesar-besarnya. 

* Cek juga Behind the Scenes Kuliah Tamu Perdana STMIK ASIA MALANG




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Komentar

Popular Posts

Paling Dilihat